Resep Martabak Bangka Terenak dan Mudah Membuatnya!

Resep Martabak Bangka – Martabak Bangka merupakan Pancake versi Indonesia dengan isian yang beragam, yang paling dicari adalah yang isi cokelat dan kacang dan dengan teksturnya lembut dan kenyal dengan mentega yang kaya dan rasa manis.

Sedikit Penjelasan tentang Resep Martabak Bangka

Jajanan kaki lima yang manis ini diperkenalkan oleh para pedagang Arab dan sangat populer di jazirah Arab dan negara-negara Asia Tenggara seperti Yaman, Arab Saudi, India, Indonesia, Brunei, Malaysia, Thailand, dll. Makanan tersebut disebut Murtabak – dari Kata Mutabbaq, artinya melipat.

Menariknya, di Malaysia disebut Apam Balik, Apam Pinang, atau Apong. Sedangkan di Singapura disebut panekuk kacang atau Min Jiang Kueh.

Apa pun kata yang Anda gunakan untuk menyebutnya, saya dapat meyakinkan Anda bahwa Resep Martabak Bangka bermentega yang kental ini adalah salah satu makanan jalanan yang ingin Anda coba. Itu hanya lebih nikmat. Ngomong-ngomong, berikut saya ingin berbagi Resep Martabak Bangka!

Meskipun Anda mungkin mengira membuat Martabak Bangka kental manis ini mudah, namun sebenarnya rumit. Karena ketebalannya, sulit untuk membuat Martabak Bangka mengembang dengan baik tanpa membuat bagian bawahnya gosong. Hal ini hanya berkaitan dengan peralatan yang kami gunakan.

Soalnya, para penjual Martabak Bangka di Indonesia menggunakan wajan besi cor bagian bawah yang sangat berat. Jadi distribusi panas ke Martabak Bangka cukup stabil dan merata.

Karena itu, saya hanya memiliki panci antilengket biasa di rumah. Meski diklaim sebagai wajan yang bagian bawahnya berat, menurut saya ketebalannya tidak sesuai dengan wajan yang dimiliki para penjual Martabak Bangka itu.

Resep Martabak Bangka

Jadi, upaya awal saya untuk membuatnya sebagian besar berakhir dengan gosong di bagian bawah Martabak Bangka atau tekstur Martabak Bangka yang keras dan kenyal.

Setelah percobaan yang tak terhitung jumlahnya dan merasa tidak memuaskan, akhirnya saya menemukan resep yang akan saya buat dengan senang hati lagi dan lagi.

Resep ini memberikan Martabak Bangka dengan kelembutan dan tekstur yang pas, tidak hanya lembut, tapi juga kenyal. Ini mengingatkan saya pada Martabak Bangka favorit saya yang biasa saya dapatkan ketika saya kuliah di Uni di Bandung.

Catat, Resep Martabak Bangka dan Bahan Utamanya!

Sama seperti jenis Martabak Bangka lainnya, untuk membuat Martabak Bangka Anda membutuhkan tepung, telur, dan agen pembudidaya. Alih-alih menggunakan susu, Anda hanya membutuhkan air untuk mencampur dan mengemulsi semuanya.

Namun Anda membutuhkan sedikit tepung tapioka untuk memberi kekenyalan serta kekenyalan pada Martabak Bangka.

Variasi topping

Secara tradisional, orang Indonesia menambahkan banyak mentega, banyak taburan cokelat, kacang cincang, serta susu kental manis sebagai topping.  Namun, Anda bisa meletakkan berbagai macam topping untuk Resep Martabak Bangka.

Berikut adalah beberapa kombo yang mungkin ingin Anda coba. Saya berjanji kepada Anda bahwa mereka semua sangat menyenangkan untuk dimiliki.

  • Kacang cincang, coklat (cincang atau taburan), serta susu kental manis.
  • Irisan pisang, coklat dan susu kental manis.
  • Irisan pisang, keju cheddar parut, dan susu kental manis.
  • Selai cokelat, keju cheddar parut, serta susu kental manis.
  • Coklat (cincang atau taburan) dan susu kental manis.
  • Selai kacang dan selai cokelat.
  • Selai kacang serta selai / jelly.

Cara membuat Martabak Bangka Anti Lengket yang Kenyal

  1. Sama seperti membuat Martabak Bangka, pertama-tama kamu mencampurkan semua bahan kecuali bahan pengangkat menjadi adonan yang halus. Anda dapat menggunakan pengocok tangan, blender genggam, mixer tangan, atau mixer berdiri agar campuran Anda tercampur rata.
  2. Setelah hal yang sudah disebutkan diatas sudah selesai dilakukan, kemudian gunakan sendok besar, terus aduk dan aduk selama sekitar lima menit untuk membantu gluten dadlam tepung berkembang lebih baik.
  3. Saat Anda selesai mengaduk campuran, diamkan setidaknya selama satu jam. Saya sering melakukannya selama hampir dua jam. Suatu kali saya meregangkannya hampir tiga jam hanya karena saya terlalu sibuk untuk mengurus adonan. Dan itu berhasil dengan baik.
  4. Sambil menunggu campuran terigu Anda berhenti, Anda bisa menyiapkan topping / isian Anda.
  5. Hal ini cukup untuk membuat Resep Martabak Bangka dengan diameter 2 x 20 cm / 7,87 inci atau 3 Martabak Bangka dengan diameter 15 cm / 5,9 inci.
  6. Setelah adonan Anda siap untuk dimasak, bagi adonan menjadi porsi yang sama dengan ukuran Martabak Bangka yang Anda inginkan. Kemudian siapkan wajan Anda dan tutupnya.
  7. Kemudian Anda memanaskan penggorengan dengan api sedang-rendah menggunakan lingkaran kecil api kompor / kompor. Pada saat yang sama, Anda mencampurkan ¼ sendok teh baking powder dan ¼ sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan air. Dan dengan cepat tapi hati-hati aduk campuran zat penambah ini ke dalam satu bagian adonan.
  8. Periksa panci Anda dengan setetes air. Jika air menguap dengan cepat, Anda bisa menuangkan adonan Martabak Bangka ke dalam wajan. Putar loyang secara perlahan agar tepinya tertutup adonan hingga setengahnya. Kemudian biarkan matang dengan api sedang-tinggi.
  9. Saat permukaannya penuh dengan gelembung, jika sudah lebih dari setengah matang, taburkan satu sendok teh gula di atas Martabak Bangka. Dan tutup panci lalu kecilkan api.
  10. Butuh waktu sekitar beberapa menit sampai Martabak Bangka kental saya benar-benar matang dan siap.
  11. Dengan menggunakan spatula, sasak bagian pinggir Martabak Bangka dan angkat dari wajan. Letakkan di atas talenan.
  12. Kemudian oleskan mentega pada Martabak Bangka dan taruh topping yang Anda suka. Saya kebanyakan menggunakan kacang panggang cincang, coklat susu cincang dan banyak gerimis susu kental.
  13. Setelah puas dengan topping Anda, potong Martabak Bangka di bagian tengah dan lipat dengan hati-hati menjadi setengah lingkaran. Sekali lagi, oleskan mentega yang banyak di kedua sisi panekuk tebal Anda yang terlipat. Terakhir, potong kecil-kecil. Punyaku memberi sekitar 5 porsi.
  14. Nikmati Resep Martabak Bangka Anda dengan secangkir teh atau kopi.

Tips terbaik sebagai Cara Membuat Martabak Anti Lengket yang empuk & lembut

Setelah adonan halus, Anda ingin terus mengolahnya dengan mencampurkan dan mengaduknya menggunakan sendok besar. Saya membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit untuk melakukannya. Tapi tolong jangan lewatkan ini.

Martabak Coklat Keju Enak

Karena ini membantu adonan untuk mengembangkan gluten lebih baik sehingga akan bekerja dengan baik dengan zat pengangkat. Jadi Martabak Bangka Anda akan memiliki ratusan gelembung, dan memiliki tekstur yang lembut namun elastis dan kenyal.

Periode istirahat ini diperlukan agar gluten berkembang. Jadi jangan lewatkan ini.

Idealnya, Anda menggunakan panci bawah yang berat. Tapi Anda juga bisa menggunakan panci anti lengket seperti milik saya. Pastikan Anda tidak terlalu memanaskan wajan sebelum memasak dan terus naikkan api saat Anda memasak Martabak Bangka.

Terus gerakkan wajannya di sekitar panas saat Anda menaikkan dan menurunkan panas. Alasannya adalah Anda ingin memastikan wajan tidak terlalu panas dan memiliki panas yang cukup agar zat pengangkat dalam adonan bereaksi.

angan pernah meninggalkan Martabak Bangka tanpa pengawasan. Jika tidak, Martabak Bangka yang dibuat tidak akan mengembang tinggi secara merata, dan tidak akan matang secara merata. Selamat mencoba resep martabak bangka yang enak dan empuk ini ya Kepoers!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *