Jangan Ngiler! 12 Masakan Nusantara Ini Wajib Anda Coba

Masakan Nusantara yang Harus Anda Coba – kami sudah mengatakannya! Selalu dikenal karena rempah-rempahnya, tetapi seiring dengan sejarah kolonial Belanda, negara ini memiliki masakan nasional yang benar-benar unik.

Dari restoran kelas atas hingga pedagang kaki lima yang sibuk, masakan Indonesia akan membuat lidah Anda mengeluarkan air liur untuk mendapatkan lebih banyak. Ingin tahu apa yang harus dimakan di perjalanan Anda? Sebagai permulaan, berikut adalah daftar kami dari 12 Masakan Nusantara terbaik yang akan menggelitik selera Anda!

Masakan Nusantara

Inilah 12 Masakan Nusantara Terenak dan Halal

Gudeg

Gudeg (gambar di atas) adalah hidangan dalam masakan Indonesia yang membutuhkan sedikit kesabaran. Favorit nasional ini agak manis, seperti kebanyakan makanan yang berasal dari Jawa Tengah, berkat nangka manis yang merupakan bahan utama.

Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren dan rempah-rempah lokal selama beberapa jam, menghasilkan hidangan yang sangat lembut. Ini adalah pilihan yang baik untuk vegetarian, atau meminta koki untuk menambahkan sedikit ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit protein tambahan. Hidangan ini juga enak bila disajikan dengan nasi dan telur rebus dan masakan nusantara yang satu ini wajib banget kamu coba

Nasi goreng

Nasi goreng adalah versi unik dari nasi goreng Indonesia dan juga hidangan nasional negara ini. Anda tidak akan menemukan hal seperti itu ketika mengunjungi negara-negara lain di Asia. Nasi goreng cukup sederhana tetapi sangat lezat.

Nasi kukus hampir tenggelam dalam kecap kental yang disebut keycap dan dibumbui dengan cabai, terasi, bawang, bawang putih dan saus tomat. Beberapa koki juga dapat menambahkan protein – seperti ayam, domba, babi, telur atau daging sapi – dan sayuran lain seperti jamur, kol dan mentimun. Anda tidak akan menemukan dua resep di dapur yang sama di mana saja!

Sate

Sate sebagian besar terdiri dari tusuk sate yang dimasak dengan arang. Kipas panas digunakan untuk menghembuskan asap, memberi mereka rasa yang benar-benar unik. Tusuk sate dapat dibuat dari ayam, kambing, kambing atau kelinci dan biasanya disajikan dengan ton saus kacang pedas dan kue beras (belah ketupat).

Daging biasanya direndam dalam musim yang berbeda sebelum dimasak. Anda dapat menemukan hidangan lezat ini hampir di mana saja di Indonesia dan Anda pasti akan senang Anda melakukannya setelah gigitan pertama.

Siomay

Seperti dim sum Cina? Nah, temukan versi bahasa Indonesia. Siomay adalah makanan pokok Masakan Nusantara, pada dasarnya kue ikan disajikan dengan kentang, kol dan telur kukus. Celupkan mereka dalam saus kacang rebus untuk rasa yang benar-benar otentik. Anda akan menemukan penjual yang menjual pangsit di hampir setiap sudut Indonesia, sehingga Anda tidak akan pernah kelaparan dengan favorit baru ini!

Sate Ayam / Sate Kambing (sate)

Saya memiliki berbagai jenis sate (atau sate) di Asia Tenggara, tetapi tidak ada yang sebanding dengan sate asli Indonesia; Menurut pendapat saya, Anda akan menemukan beberapa sate terbaik di Asia di Indonesia. di Indonesia Anda akan menemukan berbagai jenis dan varietas Masakan Nusantara seperti sate, tetapi dua versi yang umum di Jakarta adalah sate ayam (sate ayam) dan sate kambing (sate kambing).

Sate Padang (Sate Padang)

Sate Padang adalah jenis sate Indonesia yang unik (dan lezat), jadi saya harus memasukkannya dalam panduan makanan ini sebagai miliknya. Berasal dari Padang, provinsi pencinta makanan di pantai barat Sumatra, Sate Padang tampaknya memiliki pengikut sekte di antara pecinta makanan dan setelah saya memiliki piring pertama saya, saya benar-benar mengerti mengapa.

Tusuk sate, yang sering termasuk potongan daging sapi, lidah sapi, dan jeroan, pertama kali direndam dalam campuran bumbu, kemudian dipanggang di atas arang panas, dan akhirnya mereka sering disajikan pada irisan kue beras terkompresi, yang disebut belah ketupat, dan kemudian ditutup dengan tebal saus cokelat, dan ditaburi dengan bawang renyah. Produk Sate Padang bukanlah masakan nusantara terindah yang pernah Anda lihat, tetapi rasanya luar biasa.

Ayam Bakar Taliwang (ayam bakar)

Pernahkah Anda makan tiga ekor ayam sendirian dalam satu kali makan? Ketika Anda makan ayam bakar Taliwang, tidak hanya ayam bakar yang begitu enak, Anda mungkin bisa makan tiga di antaranya sendiri, tetapi mereka juga sangat kecil karena mereka ayam kampung atau kadang-kadang ayam musim semi.

Ikan Bakar

Bahkan setelah makan ikan bakar, ikan bakar Indonesia, puluhan kali, saya masih tidak bisa melupakan betapa lezatnya itu. Ikan bakar adalah salah satu hal favorit saya untuk dimakan di seluruh dunia, tetapi saya sangat menyukainya di Indonesia.

Sama seperti banyak makanan panggang dalam masakan Indonesia, yang saya sukai tentang ikan bakar adalah bahwa ia dipanggang di atas api arang yang sangat panas dan dipanggang dengan cepat, memberikan rasa api panggang yang sangat tidak biasa.

Pepes (paket herbal)

Masakan Nusantara selanjutnya adalah Pepes, Pepes sangat mirip dengan Thailand aeb, tetapi versi Indonesia dari berbagai ikan, daging atau tahu, dicampur dengan banyak bumbu dan rempah-rempah sehat, dibungkus dengan paket daun pisang, dan dikukus atau dipanggang.

Awalnya adalah makanan Sunda dari Jawa Barat, beberapa versi pepes yang paling umum termasuk ayam, berbagai jenis ikan, tahu, atau jamur, dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, kemiri, kemangi, dan lemon basil.

Bebek Goreng (bebek goreng)

Sama seperti ayam goreng wangi kecil dalam makanan Indonesia, bebek goreng, yang merupakan bebek goreng, tidak jauh berbeda, selain menjadi bebek. Mereka sering sangat kecil, tetapi Anda tidak akan menukar rasa bebek kecil dengan bebek gemuk. Beberapa Masakan Nusantara diatas jangan sampai terlewatkan. Anda harus mencoba beberapa makanan tersebut.

Cemilan Nusantara Ini pun banyak diburu…

Bakso

Masakan Nusantara jalanan yang populer di Indonesia adalah bakso atau bakso. Bakso biasanya dibuat dari campuran tepung tapioka, garam, dan daging sapi, tetapi Anda juga dapat menemukan bakso ayam, ikan, babi atau udang di beberapa restoran atau warung makan. Terkadang, bakso juga diisi dengan berbagai konten, seperti telur atau keju.

Semangkuk bakso terdiri dari kaldu, bakso, bihun, sayuran, tahu, tauge, dan bakso. Bawang merah goreng dan seledri akan ditaburi di atasnya, kadang-kadang ditambahkan dengan pangsit goreng.

Mie Ayam

Mie Ayam dikenal sebagai Mie Ayam. Ini adalah salah satu masakan nusantara paling populer yang dapat Anda temukan dengan mudah di warung-warung jalanan di mana-mana, biasanya juga disertai dengan Bakso.

Semangkuk Mie Ayam berisi segenggam mie gandum rebus dengan ayam potong dadu. Setelah mendidih, mie dibumbui dengan campuran minyak goreng, kecap, dan bawang putih. Kombinasi bahan-bahan ini menciptakan perpaduan rasa manis dan gurih yang meleleh di mulut Anda. Sangat bagus!

Batagor

Batagor adalah akronim untuk ‘bakso tahu goreng’ yang berarti tahu goreng yang diisi dengan bakso ikan. Makanan ini terlihat seperti pangsit goreng, ini adalah camilan otentik yang dibuat oleh orang Sunda, suku yang berasal dari Jawa Barat.

Awalnya, campuran tahu dan bakso ikan akan ditutup dengan kulit pangsit sebelum digoreng. Nantinya, hidangan tersebut akan disajikan dengan saus kacang sebagai topping dan perasan jeruk nipis. Anda juga bisa meminta bumbu pedas untuk menambah rasa.

Tongseng

Hidangan lain yang harus ada dalam daftar kuliner Indonesia Anda adalah daging rebus dengan sup kari bernama Tongseng. Daging domba, domba atau sapi biasanya digunakan untuk hidangan ini. Makanannya terasa creamy tapi pedas karena mengandung santan dan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang, kertas hitam, jahe, ketumbar, lengkuas dan serai sebagai bahannya.

Kata tongseng berasal dari suara gesekan spatula dan penggorengan saat menggoreng daging. Masakan ini berasal dari Jawa Tengah, di mana Anda dapat menemukan restoran atau kedai makanan yang menjual makanan ini dengan mudah.

Ketupat Sayur

Sepiring Sayur Ketupat berisi irisan belah ketupat (kue beras rebus dalam anyaman daun kelapa) dan sayuran rebus dalam santan. Kadang disertai dengan tahu dan tempe yang dimasak dengan kecap.

Biasanya, Anda dapat menemukan penjual Ketupat Sayur berjalan di sekitar jalan sambil mendorong gerobak makanan atau membawa sekeranjang makanan di bahunya. Masakan Nusantara enak dan murah ini cukup serbaguna. Anda bisa memakannya untuk sarapan atau makan malam.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *