Edible Flower: Bisnis Bunga Siap Makan yang Sangat Menggiurkan!

Entah disadari atau tidak namun saat ini Edible Flowers tengah ramai perbincangkan. Bukan tanpa sebab, mulai dari tekstur, rasa serta aromanya yang memikat itulah menjadikan Edible Flowers ini sebagai penghias sebuah hidangan di berbagai restoran ataupun hotel diseluruh dunia saat.

Edible Flowers

Dan di Indonesia sendiri, Edible Flowers ini mulai dilirik dan menjadi bisnis yang lumayan menguntungkan karena bukan hanya sebagai hiasan tapi bunga-bunga cantik ini bisa juga disantap. Berikut ulasan selengkapnya bersama Felia Kharissa, Owner dari Harvest Mountain Organic.

Edible Flowers Adalah…

Diungkapkan oleh Icha sapaan akrab dari Felia Kharissa, bahwa Edible flowers itu sebuah istilah untuk jenis tanaman bunga yang sangat aman untuk dikonsumsi. Dan ini adalah terbilang sangat popular di Era Victoria tepatnya pada saat pemerintahan Ratu Victoria di masa lalu.

Edible Flowers (Felia Kharissa)

 

Perlu diketahui juga bahwa di Indonesia bunga sendiri telah lama dimanfaatkan untuk campuran teh dan ada juga yang dikeringkan sebagai ramuan obat tradisonal. Begitu juga di luar negeri, bunga-bunga tersebut kerap ditambahkan kedalam salad, ice cream atau minuman. Namun perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua bisa di makan dan berikut nama-nama bunga yang aman untuk anda konsumsi, tapi yakin nih mau konsumsi setelah melihatnya?

Apakah edible flowers bisa dimakan?

Seperti apa yang sudah disampaikan diawal bahwa Bunga jenis ini sangat aman untuk di konsumsi. Namun memang tidak semua jenis bunga itu bisa dimakan. Dan dibawah ini adalah beberapa jenis bunga yang dapat di konsumsi

Ini Jenis-Jenis Edible Flowers yang bisa di konsumsi!

NASTURTIUM FLOWERS

Bunga konsumsi yang satu ini termasuk salah satu daftar bunga yang umum dikonsumsi oleh banyak orang. Bunga ini memiliki rasa manis dan sedikit pedas dan hamper mirip selada air. Ada yang tahu nggak nih?

PANSY

Nama secantik rupanya Viola X Wittrockiana, bunga ini juga masuk dalam daftar bunga yang bisa di konsumsi. Memiliki cita rasa yang dingin saat dimakan dan sedikit grassy. Biasanya bunga ini kerap ditambahkan atau menjadi bahan campuran salad buah, sup hingga dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut.

ROSE PETAL

Memiliki aroma yang sangat kuat, menjadi ciri khasnya, tapi ketika dikonsumsi rasanya sangat lembut dan fruity banget dan terasa seperti stroberi atau apel hijau. Dan ini sangat cocok ditambahkan pada semua jenis makanan seperti misalnya salad, selai, sup atau mungkin dikombinasikan dengan secangkir teh hangat.

DIANTHUS

Kalau kalian tahu bunga anyelir ini memiliki nama latin Dianthus Caryophyllus dan tak jarang ini kerap dimanfaatkan sebagai hiasan kue dan sering juga kali terlihat digunakan dalam pembuatan wine ataupun permen. Yakin sudah tahu nih?

AFRICAN MARIGOLD

Untuk jenis ini adalah salah satu jenis bunga dapat dikonsumsi yang bisanya digunakan dalam campuran salad.

Nah, itu tadi beberapa jenis Edible Flower yang dapat dikonsumsi dan sebenarnya masih ada banyak lagi jenis yang lainnya.

Hidangan Edible Flowers yang menggungah Selera!

Nah, mungkin anda semua penasaran seperti apa hidangan Edible Flowers ini ketika disajikan berikut beberapa makanan yang bakal bikin anda semua menjadi sayang untuk memakannya.

L’aioli de Cabillaud

L’aioli de Cabillaud

Le Chocolat Valrhona el la Noix de Coco

Le Chocolat Valrhona el la Noix de Coco

Venison Tenderloin

Venison Tenderloin

Canapes

Canapes

Bagaimana? Yakin mau makan? Mending buat pajangan saja kalua seperti ini. Sebab sayang banget pastinya makanan secantik dan semawah ini kalua di makan, betul tidak?

Nah, semua hidangan tersebut dikombinasikan dengan Edible Flowers dari Harvest Mountain Organic, ingin tahu lebih dalam, yuk simak ulasannya di bawah!

Harvest Mountain Organic, perkebunan Edible Flowers Bernuansa Eropa…

Sebelum mengetahui dimana tempatnya, ada sedikit cerita pembangunan tempat yang satu ini. Dikatakan oleh Icha, bahwa tempat ini didirikan sedari tahun 2017 silam dan semua ini berawal keinginannya memiliki sebuah hunian layaknya yang ada di Eropa yaitu sebuah guesthouse bernuansa perternakan Inggris.

“saya dan suami memiliki sebidang tanah yang terbilang luas di Cisarua, Bogor. Memang awalnya tanah itu terbengkalai, Saya paling tidak suka apabila memiliki aset yang tidak dapat dimanfaatkan potensinya. Pasca saya meninjau langsung lahan tersebut, saya ajak suami berdiskusi, akhirnya suami setuju bahwa lahan tersebut akan kita buat menjadi guesthouse yang bernuansa peternakan Inggris,” cerita Icha yang kali itu tampil mengenakan Outer berwarna krem dan jeans.

Hingga akhirnya berdirilah Harvest Mountain Organic ini, ungkap Icha adalah berkat ide dari teman dekatnya yang menyarankan dirinya agar membuat Edible Flowers Farm, karena bisnis dibidang ini terbilang sangat berkembang pesat saat ini.

Bisnis Bunga yang dapat dikonsumsi ini memang menguntungkan…

Diceritakan oleh Icha, bahwa bisnis ini memang menguntungkan meski memang jalan mendapatkan pelanggan tetap tidaklah mudah.

“Saya mempelajari ilmu ini dari buku dan majalah pertanian, ditambah beberapa pegawai saya pun juga sangat handal untuk mengurus perkebunan. Setelah bunga mulai dapat dipanen, saya dan teman menawarkan door-to-door , mendatangi restoran-restoran bintang lima dan fine dining untuk membagikan sample. Sampai akhirnya kami mulai ada pelanggan,” tutur Ibu beranak satu ini.

“Saya bersyukur ternyata bisnis ini bukan hanya menghasilkan namun dapat berkembang. Guesthouse saya mulai dikenal orang dan mendapat tanggapan yang baik dari para tamu,” ungkapnya menambahkan.

Dan kini, bisnis yang dimiliki sudah memiliki pelanggan tetap di Jabodetabek dan Sumatera meski usia usahanya ini masih terbilang baru. “Edible Flowers saya juga saat ini sudah mensupply lebih dari 10 buah restoran fine dining dan bintang lima di Jabodetabek (Khususnya Jakarta) dan Sumatera),” terang Icha.

Tantangan di bisnis Edible Flowers

Maju dan terus berkembang yang dialami oleh Icha ini nyatanya tak seindah bunga yang ditanamnya, bagaimana tidak di awal tahun 2020 kemarin dirinya harus merelakan separuh perkebunannya hancur akibat angin puting beliung menerjang perkebunannya.

“tantangan saya yang terbesar adalah bila musim penghujan datang. Walaupun sudah ditanam secara indoor, tetap saja ada resiko tanaman menjadi busuk karena tingginya kelembaban di Cisarua,” ungkapnya

Bukan hanya itu, tantangannya terberat lainnya yang harus dihadapi oleh Istri dari pengacara kondang Afrian Bondjol ini adalah memastikan bunga yang dikirim ke semua pelanggannya ini benar sudah siap konsumsi.

“mungkin yang paling berat itu adalah bagaimana cara saya memastikan agar bunga-bunga yang saya kirim ini siap untuk di konsumsi, karena hamper semua pelanggan itu meminta hal tersebut. Dan itu artinya, kebersihan dan kelayakan itu harus terjaga dengan baik dan benar. Untuk hal tersebut, saya pun harus terjun langsung disana untuk memeriksanya,” ungkapnya tersenyum

Meski jalan berliku dan kerikil tajam selalu menghampiri, namun hal itu bukan halangan untuk dirinya menjadi lemah. Justru ini semakin memotivasinya untuk terus belajar dan ini menjadi pengalaman hidup yang sangat berharga terlebih untuk usahanya ini.

Edible Flowers

Meski demikian, Icha meyakini bahwa bisnis ini akan terus berkembang dan mimpi besarnya dapat memperkenalkan Edible Flowers ke seluruh Indonesia.

“Untuk bisnis saya di Edible Flowers ini ke depannya saya ingin dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dan dapat membantu semua para chef-chef muda di Indonesia agar bisa bersaing di kanca internasional melalui Edible Flowers ini,” tukas ibu satu ini.

Disini tempat membeli bunga cantik yang bisa di makan itu…

Bagi anda yang tertarik untuk mencicipi rasa dari bunga-bunga tadi, anda dapat membelinya langsung di Harvest Mountain Organic, Cisarua, Bogor atau bisa juga memesannya secara online dengan menghubungi nomor +62 821-1174-1558. Tapi, jika kalian masih ingin tahu info lebih lanjut bisa kepoin langsung di instagramnya di @harvestmountainorganic. Dan selamat mencoba Makanan dengan Edible Flowers ini sobat Dapurkepo.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *