5 Makanan Khas Aceh yang Enak dan Murah, Nomor 4 Wajib dicoba!

5 Makanan Khas Aceh – Mungkin yang kalian tahu terkait hidangan dari kota serambi mekah ini hanya sebatas Mie Aceh atau mungkin Martabak Aceh saja, padahal masih banyak jajanan yang enak dan unik-unik namanya seperti misalnya Memek, jangan ngeres dulu cuy!

Dan kali ini Jajanan Rakyat akan memberikan informasi makanan khas Aceh yang enak selain Mie dan Martabak Aceh, ada makanan yang namanya aneh juga lho! Penasaran simak ulasannya berikut ini.

5 Makanan Khas Aceh Murah, Enak dan Unik…

Ayam Tangkap

Ini adalah masakan yang bahan dasarnya adalah daging ayam yang dicincang kecil kemudian ditumpuk dengan daun teumuru dan cabai hijau dan ditaburi bawang goreng. Dan alasan kenapa  dinamakan ayam tangkap, karena ketika anda ingin menyantap hidangan yang satu ini kalian harus mencari ayang yang terselimuti oleh daun teumuru tadi dan kamu wajib coba salah satu dari makanan khas aceh ini

Kue Adee

Kue yang satu ini adalah makanan tradisonal dan hanya bisa kalian dapati di Aceh, lebih tepatnya di kabupaten Pidie Jaya. Teksturnya yang lembut, agak berminyak dan manis ini, membuat koe ini sangat cocok untuk disajikan ke tamu atau saat berkumpul dengan keluarga besar dengan secangkir teh hangat atau segelas kopi.

Kue Timphan

Jajanan yang juga masuk dalam daftar 5 makanan khas Aceh ini berbahan dasar tepung ketan yang bercampur dengan srikaya dan pisang beranang. Bagi masyarakat Aceh sendiri, makanan yang satu ini adalah hidangan wajib apa bila tengah menjamu tamu yang bersilaturahmi kerumah di hari Idul fitri atau idul adha.

Memek Aceh

Makanan khas aceh yang satu ini mungkin bagi kebanyak orang terdengar agak mengganjal bukan, terlebih bagi mereka yang ada di luar provinsi Aceh. Perlu kalian ketahui bahwa Memek itu adalah makanan yang berbahan dasar dari buah pisang kepok atau raja yang dicampur dengan beras ketan serta santan dan ini adalah makanan khas Simeulue.

Dinamakan Memek itu menurut sejarah memek sendiri sebenarnya memiliki arti mengunyah atau menggigit. Mungkin bagi kebanyakan dari kita ini berkonotasi negatif, tapi nama ini tidak boleh diganti karena bagi masyarakat Simeulue, ini adalah warisan leluhurnya. Unik ya!

Sambal Ganja (Asam Udeung)

Dari 5 Makanan khas Aceh yang sudah disebutkan tadi yang terakhir mungkin dari namanya seperti makanan haram, tapi jangan melihat dari namanya saja, sambal ini bukan terbuat dari ganja, tapi ini dinamakan ganja karena bagi siapa yang menyantapnya pasti akan dibuat ketagihan yang memakannya.

Terlelapas dari namanya itu, pada dasarnya sambal ini berbahan dasar daging udang yang diolah menjadi  sebuah sambal yang luar bisa enak rasanya dan bikin mau-mau lagi alias ketagihan.

Resep membuat salah satu dari 5 Makanan Khas Aceh, Memek…

Bagi kalian yang ingin mencoba makanan yang enak tapi unik namanya ini, kalian tak perlu menunggu atau pergi ke Aceh karena biasanya, makanan yang satu ini hanya disajikan saat acara-acara tertentu saja.

Bagi kalian yang ingin membuatnya, catat bahan dan cara membuat dari makanan yang satu ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan salah satu dari 5 makanan khas Aceh tadi:

– 2 buah pisang (Kepok atau Raja) (kupas kulitnya)

– ¼ beras ketan (untuk 5 porsi)

– 300ml santan

– 1 sdt garam

– 3 sdt gula pasir

Cara membuat salah satu dari Makanan khas Aceh yang memiliki nama unik ini

Pertama pisang yang sudah dikupas kulitnya itu ditumbuk, namun jangan sampai halus, supaya tekstur dari pisangnya masih terasa.

Setelah itu, sangrai beras ketan hingga gurih, kemudian campur pisang yang telah ditumbuk tadi kemudian masukkan santan, gula dan garam kedalam wajan.

Lalu, aduk secara merata dan masak semua bahan campuran hingga kurang lebih selama satu jam. Kemudian satu dari 5 makanan khas Aceh ini siap disajikan selagi hangat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *