Jadi Calon Ibukota Baru, Intip Jajanan Khas Kutai Kartanegara yang Otentik Banget!

Jajanan khas Kutai Kartanegara yang enak dan murah yaitu kue Amparan Tatak dan kini menjadi sorotan semua orang terlebih semenjak diresmikan sebagai lokasi ibukota tanah air baru oleh presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dan makanan atau cemilan ini semakin diburu.

Bukan tanpa alasan akhrinya Presiden ke tujuh Indonesia ini memilih kabupaten kutai dan Kabupaten Penajam Paser sebagai lokasi untuk ibukota baru Indonesia karena memang lokasinya yang sangat strategis serta potensi di berbagai bidangnya yang cukup kaya  termasuk untuk hal kuliner dan jajanannya.

Dan berikut ini, Jajanan Rakyat akan memberikan beberapa rekomendasi makanan Kutai Kartanegara yang mungkin bisa kalian jadikan buah tangan bila melakukan liburan ke daerah ini nanti.

Kutai Kartanegara, Surganya Olahan Manis dan Gurih

Untuk kalian pencinta kuliner manis ataupun kuliner gurih, Jajanan Khas Kutai Kartanegara ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan kalian untuk memenuhi khasanah pengalaman wisata kuliner nusantara kalian.

Bukan tanpa alasan, calon ibukota baru Indonesia ini memeliku beberapa jenis kudapan sampai makanan berat yang siap menggugah selera dan dapat juga menjadi buah tangan saat anda melakukan kunjungan atau liburan ke daerah ini. 

Inilah Jajanan Khas Kutai Kartanegara yang wajib masuk daftar coba kalian…

Sate payau

Bagi kalian yang berkunjung ke daerah Kutai, rasa tak lengkap bila tak merasakan jajanan khas dari kota ini yaitu Sate Payau ini, Bukan sapi atau ayam ini adalah sate daging rusa, kebayang bukan rasanya seperti apa, apalagi bila sudah di campur bumbunya yaitu bumbu kacang dan kecap manis yang ditambah sedikit irisan cabai pastinya akan menggugah selera makan bukan!

Rabo Ruan

Untuk jajanan khas kutai kartanegara yang satu ini juga cocok untuk buah tangan kalian setelah liburan ke kota ini. Ya, olahan dari ikan gabus yang disuwir ini setelah sebelumnya dikukus setangah matang ini kemudian dicampur dengan bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, ketumbar dan bumbu lainnya cocok dimakan dengan nasi hangat dan segelas air teh hangat.

Gegicak

Kudapan yang satu ini banyak bisa ditemukan di daerah yang sebentar lagi resmi ditetapkan sebagai Ibukota baru Indonesia. Teksturnya yang lembut dan kenyal ini karena terbuat dari tepung beras ketan dan manis ini nantinya semakin membuat kalian semakin ngiler dengan jajanan khas kutai kartanegara yang satu ini jika dipadupadankan dengan parutan kelap dan siraman gula merah akan semakin nikmat tentunya.

Amparan tatak

Untuk membuat cemilan atau jajanan khas Kutai Kartanegara yang satu ini biasanya kerap hadir di acara-acara yang cukup penting di Kalimantan Timur Lho! Ini dibuat dengan menggunakan tepung beras dan santan. Ya, ini memang bisa dibilang mirip kue pisang tapi dengan porsi yang jauh lebih besar tentunya. Kue yang satu ini juga terkadang menjadi salah satu buah tangan yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Amplang

Bukan hanya kue yang tadi, olahan ikan yang rasanya gurih ini pun termasuk makanan kutai kartanegara yang populer di sana dan di Kalimantan pada umumnya. Ya, campuran tepung dan berbagai jenis ikan ini, wajar bila ini kerap diburu wisatawan karena selain enak dan gurih ini adalah cemilan dan pelangkap teman makan nasi pastinya.

Ingin tahu cara buat Amparan Tatak, Jajanan Khas Kutai Kartanegara?

Sebagai informasi, bagi kalian yang mungkin kelahiran Kalimantan pasti tahu betul bagaimana rasa dari makanan khas kutai kartanagera yang satu ini, karena kebanyakan sekarang kue yang ada memang rasanya sudah tak lagi otentik seperti dulu dan kali ini Jajanan Rakyat akan berbagi resep membuat Amparan Tatak untuk kalian tentunya, catat  resepnya berikut ini:

Bahan-bahan 

500gr tepung beras

1 sisir pisang Mahuli / Pisang lain yang ada di tempat kalian

500 cc Santan Kental

500 cc Santan sedang

150gr Gula pasir

1\2 sdt garam

Perlu diingat, bahan-bahan diatas tadi itu digunakan untuk membuat satu kue dengan ukuran 20 porsi.

Proses Pengerjaan

Perlu diketahui betul, bahwa untuk membuat jajanan khas kutai kartanegara yang satu ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 120 menit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masukkan tepung beras sebanyak 400gr, aduk bersama dengan santan hingga merata, lalu beri gula hingga larut dan saring agar adonannya halus.
  • Potong pisang kecil-kecil, lalu masukkan dalam adonan tepung yang sudah sering lalu kukus kurang lebih selama 20 menit dalam loyang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
  • Sambil menunggu 20 menit dari kukusan tadi, masukkan santan kental kedalam wadah kemudian beri garam dan 100gr tepung beras kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah 20 menit berlalu, tuang secara perlahan adonan santan kental tadi ke atas adonan setengah matang tadi kemudian tunggu hingga santan bagian atas mulai mengeluarkan minyak (kurang lebih 100 menit) kemudian angkat dan dinginkan.
  • Lalu, potong dan sajikan kue Amparan Tatak ini dengan segelas kopi atau teh hangat di sore hari

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk membuat Cemilan atau jajanan khas Kutai Kartanegara ini, selamat mencoba,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *