5 Jajanan Khas Gorontalo yang Enak dan Murah, No 5 Makanan Para Raja

Makanan adalah satu hal yang kerap dicari wisatan saat pelesiran dan 5 Jajanan khas Gorontalo  yang murah dan enak termasuk Ilabulo ini tidak kalah pamornya dengan tempat wisata dari daerah yang dijuluki sebagai Kota Serambi Madinah ini.

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui tentang makanan khas Gorontalo. Pasalnya, makanan khas Gorontalo memang jarang dijual di luar provinsi tersebut. Oleh karena itu, Keluyuran sudah merangkum daftar makanan khas dari Gorontalo yang paling banyak dicari wisatawan.

Tak banyak memang wisatawan yang mengetahui betul tentang makanan atau jajanan dari Gorontalo. Bukan tanpa alasan, semua ini karena memang hanya ada di provinsi itu.

Oleh sebab itu, Jajanan Rakyat akan berbagai informasi sedikit terkait apa-apa saja yang mungkin menjadi jajanan khas Gorontalo yang mungkin dapat kalian nikmati ketika pelesiran ke kota yang kerap disebut juga Gerbang Utara Indonesia ini.

5 Jajanan khas Gorontalo yang Murah dan Enak

Kue Karawo Gorontalo

Kue ini hanya ada di Gorontalo dan mirip seperti kue kering yang biasanya disuguhkan ketika lebaran. Dan bahan baku yang digunakan pun tak berbeda jauh dengan kue kering yang biasa kita makan. Satu hal yang membedakan kue ini dengan kue kering yang biasa kita makan itu adalah setelah dipanggang kue ini dihias menggunakan krim dan dibentuk menyerupai sulaman kain karawo yang terbilang sangatlah mahal.

Wajar bila banyak wisatawan yang membeli kue ini karena bukan hanya ingin dijadikan buah tangan tapi juga pola yang menghiasi kue itu sangat menarik.

Duduli

salah satu dari 5 Jajanan khas Gorontalo  ini pun juga cocok jadi buah tangan yang bisa kalian berikan selepas liburan di kota ini. Ya, Duduli sendiri adalah makanan khas Gorontalo yang agak mirip dengan dodol. 

Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun mirip dengan yang digunakan untuk membuat dodol yaitu gula aren, ketan dan santan. Prosesnya pun sama, namun yang membedakan itu adalah pembungkusnya yaitu daun woka dan saat ini duduli pun sudah dimodifikasi dengan berbagai rasa mulai dari durian dan berbagai rasa lainnya.

Keripik Kasubi Pahangga

Kalian pecinta makan atau jajanan ringan seperti keripik? Ini wajib kalian coba. Ya, terbuat dari singkong salah satu dari 5 Jajanan khas Gorontalo ini sangat nikmat karena dibumbui dengan gula aren. Jadi bila kita selama ini kita hanya menikmati keripik singkong dengan dibumbui garam atau balado, di sini kalian akan menikmati keripik singkong yang diberi saus gula aren. Ngiler bukan?

Kalian mudah menemukan jajanan yang astu ini di toko oleh-oleh di Gorontalo. Harganya pun terbilang murah, karena kalian dapat membelinya di pasar tradisonal dan perlu dicatat bahwa jangan lupa di tawar ya, mana tahu kalian bisa mendapat harga yang jauh lebih murah dari biasanya.

Kopi Pinogu

Jangan pernah ngaku pecinta kopi kalau belum cobain kopi khas Gorontalo ini. Kopi termasuk jenis robusta yang banyak terlihat di daerah perkebunan Gorontalo dan penanamannya sendiri terbilang organik atau tanpa pestisida dan kelebihan dari kopi yang satu ini bagi kalian yang memiliki penyakit Maag, kopi ini tidak terlalu asam dan sangat aman untuk lambung kalian pastinya.

Ilabulo Gorontalo

Terakhir itu adalah makanan yang wajib kalian jadikan oleh karena ini adalah pangan yang dulu hanya bisa dinikmati oleh para raja dan bangsawan di Gorontalo. Tapi saat ini, jajanan yang satu ini sudah bisa dinikmati secara umum kelezatannya.

Terbuat dari tepung sagu yang dikombinasikan dengan rempah dan daging, telur dan hati ayam ini ini dicampur dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus atau dibakar. Dan bila ingin membawanya menjadi buah tangan kalian, jajanan khas gorontalo yang satu ini mampu bertahan hingga dua hari di suhu ruangan yang dingin.

Ingin membuat Ilabulo Gorontalo, catat resepnya!

Bila belum ada waktu untuk berlibur ke Gorontalo tapi ingin menikmati kelezatan santapan para raja atau bangsawan gorontalo zaman dulu, kalian bisa kok membuatnya sendiri dirumah. Berikut resepnya untuk kalian praktekkan dirumah.

Bahan-bahan Membuat salah satu dari 5 Jajanan Khas Gorontalo (Ilabulo Gorontalo)

6 siung bawang putih

6 butir bawang merah

100 ml air

1 sdt garam

Lada putih secukupnya

Cabe rawit sesuai selera

Penyedep rasa

400 ml santan dari setengah butir kelapa

100 gr tepung sagu kering

Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat Ilabulo Gorontalo atau 5 Jajanan khas Gorontalo

Pertama rebus hati ayam, ampela dan lemak ayam dalam 500 ml air sampai matang, tiriskan lalu potong-potong sesuai selera, lalu kalian bisa haluskan bawang merah, bawang putih, lada putih dan cabe rawit hingga halus (sisihkan)

Kemudian untuk bumbu yang sudah dihaluskan tadi lalu dicampur ke potongan hati ayam lalu aduk dengan menambahkan sedikit demi sedikit sagu dan campurkan dengan air kaldu hingga merata.

Panaskan wajan, masukkan adonan kedalam wajan hingga adonan berubah menjadi bubur lalu angkat dan dinginkan.

Setelah itu adonan dibungkus menggunkan daun pisang, bungkus seperti lontong atau lemper, kemudian setelah semua selesai Ilabulo siap dibakar.

Penting untuk kalian ketahui bahwa cara membakarnya sama seperti membakar sate. Lalu, untuk mendapatkan ilabulo yang enak dengan komposisi yang sesuai, masaknya menggunakan api kecil dan saat membungkus, gunakan daun pisang yang berlapis agar tak hangus ilabulonya saat dibakar.

Dan penting untuk diketahui juga bahwa sagu yang digunakan itu harus sagu kering jangan sagu basah karena akan terasa asam nantinya dan bila adonan sudah terbungkus daun pisang itu harus di kukus lebih dulu untuk mendapatkan 5 jajanan khas Gorontalo yang enak dan murah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *